- Home »
- Lainnya , Pengelolaan Proyek Sistem Informa , v-class »
- Analisis PI - 1
TDPangestika
On Rabu, 21 Juni 2017
1.1 Latar Belakang
Anak usia sekolah dasar masih berada dalam rentang usia dini
dimana masa yang pendek tetapi merupakan masa yang penting bagi kehidupan
seseorang. Anak usia sekolah dasar adalah satu generasi yang memiliki
kerawanan. Dikatakan usia rawan karena anak pada sekolah dasar merupakan usia
yang menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian. Pada usia sekolah
dasar, anak akan belajar dan mengingat apa saja yang mereka dapatkan dari
aktivitasnya dan lingkungan sekitar.
Pada saat ini perkembangan teknologi komputer sudah sangat
cepat dan canggih. Perkembangan teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
sudah mencapai pada tahap penggunaan yang praktis dan mudah. Sehingga hampir
semua orang dapat menggunakan komputer, tidak terkecuali anak-anak.
Komputer memiliki beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh
pemakainya. Baik dalam proses pencarian data, perhitungan, maupun hiburan. Saat
ini pemakai komputer sudah tidak dapat dibatasi dengan umur. Banyak anak-anak
yang saat ini sering menggunakan komputer untuk tugas sekolahnya maupun bermain
permainan untuk hiburan.
Banyaknya anak-anak yang menggunakan komputer untuk bermain
inilah yang membuat program permainan (game)
telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komputer. Program
permainan yang disediakan oleh komputer dapat berupa permainan yang sederhana
hingga permainan yang memiliki kualitas dan kesulitan tingkat tinggi. Selain
itu aplikasi permainan yang disedikan tidak hanya untuk hiburan tetapi dapat
memotivasi anak dalam belajar, seperti permainan aritmatika yang membantu untuk
anak belajar berhitung, permainan puzzle yang membantu meningkatkan kemampuan
berpikir dan lainnya.
Pada penulisan ilmiah ini penulis mencoba membuat sebuah
aplikasi game sederhana yaitu puzzle menggunakan bahasa pemrograman visual
basic 2010. Bahasa pemrograman visual basic 2010 memiliki fitur-fitur yang
lengkap sehingga game yang akan dibuat dapat menarik dan penggunaan syntax yang
tidak terlalu sulit.
1.2 Batasan Masalah
Pada penulisan ilmiah ini penulis hanya membatasi masalah pada
pembuatan aplikasi game puzzle budaya untuk wilayah pulau Jawa dan pulau
Sulawesi yang dikategorikan khusus pada salah satu tarian tradisional, rumah
adat dan pakaian adat. Permainan ini ditunjukkan untuk anak sekolah dasar.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan
ilmiah ini adalah pembuatan aplikasi permainan puzzle budaya yang ada di pulau
Jawa dan pulau Sulawesi. Puzzle ini dapat membantu anak tingkat sekolah dasar
untuk mengetahui dan mengingat apa saja budaya yang ada di pulau Jawa dan pulau
Sulawesi mengenai tarian tradisional, rumah adat dan pakaian adat.
1.4 Kekurangan
- Pilihan yang diberikan
tidak terlalu banyak hanya mencakup beberapa provinsi.
- Tidak adanya efek suara
sehingga permainan ini kurang menarik.
- Tidak adanya pilihan
level sehingga penggunanya hanya sebatas anak-anak.
1.5 Kelebihan
- Dapat melatih
konsentrasi pada pengguna.
- Mendapatkan beberapa
informasi mengenai kebudayaan Indonesia yang disediakan didalam permainan.
- Dapat mengisi waktu senggang
pengguna dengan hal yang baik.